Cara Membuat Gif Running Text untuk DP BBM

No comment yet
Kali ini saya akan berbagi tutorial cara membuat gif running text untuk DP BBM menggunakan Photoshop CS6 atau CC, karena versi sebelum itu tidak ada menu animasi.



1. Siapkan bahan-bahannya :
- Logo klub bola yang sudah diseleksi, download logo klub Eropa atau logo klub Italia.
- Foto sobat yang sudah diseleksi, jika tidak tahu cara menyeleksi foto dengan Pen Tool, bisa sobat baca disini.

2. Buat halaman kerja baru, File > New (Ctrl+N) dengan ukuran 2000 x 200 pixels. Kemudian beri warna backgroundnya dengan cara Edit > Fill (Shift+F5), terserah sobat warna apa, saya memilih warna hitam.


3. Buka logo klub bola (saya memakai logo Inter) dan foto sobat (Ctrl+O), lalu pindahkan atau copy paste ke halaman kerja sobat tadi. Kemudian atur ukurannya dengan cara Shift+Ctrl+T, sehingga menjadi seperti ini.


4. Ketik nama sobat menggunakan Text Tool atau menekan T di keyboard, lalu pilih jenis, ukuran dan warna font nya, saya memakai font Inter 2014/15. Dan ingat, nama sobat harus di bawah layer foto sobat.


5. Aktifkan Rulers dengan menekan Ctrl+R, kemudian buat garis vertikal dengan cara menarik Rulers tersebut dari kiri ke kanan hingga 100 px.


6. Buat lagi garis vertikal dengan ukuran 200 px, 300 px, 400 px dan seterusnya sampai batas akhir nama sobat.


7. Gabungkan semua layers dengan cara klik kanan layer background lalu pilih Flatten Image.


8. Seleksi daerah 0-100 px menggunakan Rectangular Marquee Tool (M), lalu duplicate (Ctrl+J). Geser layer duplicate tersebut ke kanan hingga di akhir nama sobat sesuai garis vertikal, kemudian Flatten Image lagi layer background.


9. Crop daerah yang diperlukan saja dengan cara seleksi dulu menggunakan Rectangular Marquee Tool (M), kemudian Image > Crop.


10. Seleksi daerah 0-200 px menggunakan Rectangular Marquee Tool (M), lalu duplicate (Ctrl+J). 


11. Klik layer background, kemudian seleksi daerah 100-300 px menggunakan Rectangular Marquee Tool (M), lalu duplicate (Ctrl+J). Klik lagi layer background, kemudian ulangi langkah tadi untuk daerah 200-400 px, 300-500 px, 400-600 px dan seterusnya hingga terakhir. Ingat, bentuknya selalu persegi empat sama sisi dengan ukuran 200 x 200 pixels.


12. Setelah semua daerah sudah di duplicate, hapus layer background. Kemudian geser semua layer duplicate tadi dari kiri ke kanan sehingga letaknya sama dengan layer paling bawah. Untuk memudahkan penggeseran, mulailah dari layer kedua dari bawah.


13. Crop daerah yang diperlukan dengan cara seleksi menggunakan Rectangular Marquee Tool (M), kemudian Image > Crop. Sehingga menghasilkan seperti gambar berikut.


14. Aktifkan window Animation untuk Photoshop CS6 (Window > Animation) atau window Timeline untuk Photoshop CC (Window > Timeline). Setelah itu, khusus untuk Photoshop CC klik Create Frame Animation (jika hanya terdapat Create Video Timeline, maka klik segitiga di samping Create Video Timeline, maka sobat akan menemukan Create Frame Animation), sedangkan untuk Photoshop CS6 tidak perlu lagi.


15. Atur durasi animasinya terserah sobat, saya memilih 0,2 detik. Dan jangan lupa ganti Once jadi Forever agar animasinya selalu berulang-ulang tanpa henti.


16. Duplicate frame dengan cara mengklik icon duplicate frame hingga sesuai dengan jumlah layer sobat. Disini saya punya 16 layer, maka saya juga akan membuat 16 frame.


17. Aktifkan satu icon "mata" layer saja untuk satu frame, sedangkan icon "mata" yang lain dinonaktifkan saja. Dengan demikian, layer 1 untuk frame 1, layer 2 untuk frame 2, layer 3 untuk frame 3, begitu seterusnya hingga layer dan frame terakhir.




18. Animasi sobat sudah jadi, jika ingin melihat animasinya tinggal klik saja Plays animation.


19. Dan jangan lupa save dengan cara File > Save for Web (Alt+Shift+Ctrl+S), ganti formatnya menjadi GIF. Untuk DP BBM harus disave dengan ukuran dibawah 32kb, karena jika melebihi ukuran tersebut animasi sobat tidak akan bergerak di DP BBM, caranya ada dua :
- 1. Mengubah jumlah warna
- 2. Mengubah persentase ukuran gif

Saya mengubah warna dari 256 menjadi 128 dan mengubah persentase ukuran gif dari 100% menjadi 50%, sehingga hasil yang didapatkan menjadi 28,27kb (lihat di sudut kiri bawah). Pengaturan ini tergantung pada foto sobat masing-masing. Jika sudah, tinggal pilih Save dan ketik nama animasi sobat lalu klik Save lagi.


Dan berikut beberapa contoh gif running text untuk DP BBM yang saya buat. 




Selamat mencoba! 

Comments
0 Comments

Posting Komentar

HOME

Copyright © 2013-2020 Ary Art Design