Salah Satu Kegunaan Layer Mask, Menggabungkan Beberapa Foto Menjadi Satu

No comment yet

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menggabungkan beberapa buah foto adalah dengan menggunakan layer mask. Proses masking sendiri adalah suatu pembentukan objek dengan menghilangkan sebagian objek. ada berbagai cara masking yang bisa digunakan di photoshop, salah satunya adalah dengan menggunakan Layer Mask pada layar.

Tutorial kali ini akan sedikit menjelaskan mengenai bagaimana cara mengaplikasikan layer mask untuk menggabungkan dua gambar terpisah menjadi satu gambar utuh dan terlihat realistis. Sebagai contoh, kita akan coba membuat mata Lyra Virna menjadi memar dengan mengambil bagian memar dari objek foto lain.





1. Buka foto sobat (Ctrl + O)




















2. Buka foto lain yang akan digabungkan menjadi satu dengan foto tadi, seperti contoh di bawah ini. 



















3. Pastikan layer "memar" dalam keadaan terpilih, lalu klik ikon Add Layer Mask pada layer palette, maka akan tercipta sebuah layer bantu pada layer memar dengan tampilan kotak berwarna putih.

























4. Pilih layer kotak berwarna putih tersebut lalu pilih Brush Tool (B) pada menu Option dibagian atas, atur besar kuas brush, Hardness (tingkat ketegasan kuas brush) dan opacity dari brush tersebut.

Selanjutnya, pastikan warna hitam sebagai warna foreground. Karna hitam akan didefinisikan sebagai warna yang hilang (tidak tampak) dalam layer mask. Kemudian usapkan layer brush pada gambar memar untuk menghapus bagian yang tidak memar dan menyisakan bagian yang memar. Perbesar dan perkecil ukuran masing-masing opsi tersebut sesuai dengan keperluan pada objek. Lakukan step tersebut hingga hanya objek bagian memar yang tersisa.


































































5. Posisikan objek memar ke bagian mata Lyra Virna dengan menekan Ctrl+T pada keyboard. Bisa diperkecil atau diperbesar dan dirotasi (diputar) apabila diperlukan.

























6. Gunakan kembali brush tool (B) untuk menghapus memar yang melewati bagian wajah.



7. Pada menu bar, pilih Image > Adjustment > Level (Ctrl+L) untuk menyesuaikan warna memar dengan menggeser tanda panah hitam di ujung bagian kiri atau kanan.



Dan hasilnya kira-kira akan seperti ini
Comments
0 Comments

Posting Komentar

HOME

Copyright © 2013-2020 Ary Art Design